Selasa, 16 November 2010

DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL
DIREKTORAT JENDERAL PENINGKATAN MUTU PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN
LEMBAGA PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN JAWA TENGAH
2008
PETUNJUK PENGISIAN INSTRUMEN
MONITORING DAN EVALUASI PENJAMINAN MUTU
OLEH KEPALA SEKOLAH


Dalam rangka memperoleh gambaran mengenai penjaminan mutu yang dilakukan oleh kepala sekolah, Bapak/Ibu dimohon memberikan jawaban-jawaban atas pernyataan dan pertanyaan yang ada pada instrumen ini dengan ketentuan sebagai berikut.

1. Berilah tanda silang (x) dengan menggunakan pensil 2b pada LJK yang telah disediakan yang memuat : nama, NIP, pangkat/golongan, jenis kelamin, tempat tanggal lahir, pendidikan terakhir, jabatan, instansi dan no tlp/hp.
2. Berilah tanda silang (x) dengan menggunakan pensil 2b pada LJK dengan skor 1 s.d. 5 sesuai dengan pernyataan pada instrumen yang telah disediakan. Adapun kriteria skor adalah : 1 = amat kurang, 2 = kurang, 3 = cukup, 4 = baik dan 5 = amat baik.
3. Isilah pertanyaan dengan jawaban berdasarkan pengetahuan, pengamatan dan pengalaman yang Bapak/Ibu rasakan pada lembar jawaban khusus yang telah disediakan.
4. Pengisian instrumen ini bukan dimaksudkan untuk mengukur prestasi kerja atau kondite Bapak/Ibu, tetapi hanya dimaksudkan sebagai alat pengumpulan data dan informasi mengenai penjaminan mutu yang dilakukan oleh Bapak/Ibu selaku kepala sekolah untuk selanjutnya dijadikan dasar pembuatan keputusan dan kebijakan dalam peningkatan kualitas pendidikan.
5. Partisipasi Bapak/Ibu dalam mengisi instrumen ini dengan sejujur-jujurnya akan sangat membantu bagi peningkatan kualitas pendidikan, khususnya mengenai penjaminan mutu yang dilakukan oleh kepala sekolah.
6. Serahkan instrumen dan LJK yang telah diisi kepada petugas.
7. Waktu yang disediakan 90 menit

Demikian atas kesediannya dalam pengisian LJK instrumen ini, kami sampaikan terima kasih.





INSTRUMEN MONITORING DAN EVALUASI
PENJAMINAN MUTU OLEH KEPALA SEKOLAH
PROVINSI JAWA TENGAH TAHUN 2008

A. Instrumen Tertutup

No. Indikator Sub Indikator
I Supervisi Manajerial 1. Menguasai metode, teknik dan prinsip-prinsip supervisi dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di sekolah
2. Menyusun program supervisi berdasarkan visi-misi-tujuan dan program pendidikan di sekolah
3. Menyusun metode kerja dan instrumen yang diperlukan untuk melaksanakan tugas pokok dan fungsi kepala sekolah di sekolah
4. Menyusun laporan hasil-hasil supervisi dan menindaklanjuti-nya untuk perbaikan program supervisi berikutnya di sekolah
5. Membina guru dalam pengelolaan dan administrasi pembela-jaran berdasarkan manajemen peningkatan mutu pendidikan di sekolah
6. Membina guru dalam melaksanakan bimbingan konseling di sekolah
7. Mendorong guru dalam merefleksikan hasil-hasil yang dicapainya untuk menemukan kelebihan dan kekurangan dalam melaksanakan tugas pokoknya di sekolah
8. Memantau pelaksanaan standar nasional pendidikan dan memanfaatkan hasil-hasilnya untuk membantu guru dalam mempersiapkan akreditasi sekolah

II Supervisi Akademik 9. Memahami konsep, prinsip, teori dasar, karakteristik, dan kecenderungan perkembangan tiap bidang pengembangan di sekolah atau mata pelajaran di sekolah
10. Memahami konsep, prinsip, teori/teknologi, karakteristik, dan kecenderungan perkembangan proses pembelajaran/ bim-bingan tiap bidang pengembangan di sekolah atau mata pelajaran di sekolah
11. Membimbing guru dalam menyusun silabus tiap bidang pengembangan di sekolah atau mata pelajaran di sekolah berlandaskan standar isi, standar kompetensi dan kompetensi dasar, dan prinsip-prinsip pengembangan KTSP
12. Membimbing guru dalam memilih dan menggunakan strategi/ metode/teknik pembelajaran/bimbingan yang dapat mengem-bangkan berbagai potensi siswa melalui bidang pengem-bangan di sekolah atau mata pelajaran di sekolah
13. Membimbing guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) untuk tiap bidang pengembangan di sekolah atau mata pelajaran di sekolah
14. Membimbing guru dalam melaksanakan kegiatan pembe-lajaran/bimbingan (di kelas, laboratorium, dan/atau di la-pangan) untuk mengembangkan potensi siswa pada tiap bi-dang pengembangan di sekolah atau mata pelajaran di sekolah
15. Membimbing guru dalam mengelola, merawat, mengem-bangkan dan menggunakan media pendidikan dan fasilitas pembelajaran/bimbingan tiap bidang pengembangan di seko-lah atau mata pelajaran di sekolah
16. Memotivasi guru untuk memanfaatkan teknologi informasi untuk pembelajaran/bimbingan tiap bidang pengembangan di sekolah atau mata pelajaran di sekolah

III Evaluasi Pendidikan 17. Menyusun kriteria dan indikator keberhasilan pendidikan dan pembelajaran/bimbingan di sekolah.
18. Membimbing guru dalam menentukan aspek-aspek yang penting dinilai dalam pembelajaran/bimbingan tiap bidang pengembangan di sekolah atau mata pelajaran di sekolah
19. Menilai kinerja guru dan staf sekolah dalam melaksanakan tugas pokok dan tanggungjawabnya untuk meningkatkan mutu pendidikan dan pembelajaran/bimbingan tiap bidang pengembangan di sekolah atau mata pelajaran di sekolah
20. Memantau pelaksanaan pembelajaran/bimbingan dan hasil belajar siswa serta menganalisisnya untuk perbaikan mutu pembelajaran/bimbingan tiap bidang pengembangan di seko-lah atau mata pelajaran di sekolah
21. Membina guru dalam memanfaatkan hasil penilaian untuk perbaikan mutu pendidikan dan pembelajaran/bimbingan tiap bidang pengembangan di sekolah atau mata pelajaran di sekolah
22. Mengolah dan menganalisis data hasil penilaian kinerja guru dan staf sekolah.

IV Penelitian Pengembangan 23. Menguasai berbagai pendekatan, jenis, dan metode penelitian dalam pendidikan
24. Menentukan masalah supervisi yang penting diteliti baik untuk keperluan tugas kepala sekolah maupun untuk pengem-bangan karirnya sebagai kepala sekolah
25. Menyusun proposal penelitian pendidikan baik proposal penelitian kualitatif maupun penelitian kuantitatif
26. Melaksanakan penelitian pendidikan untuk pemecahan masa-lah pendidikan, dan perumusan kebijakan pendidikan yang bermanfaat bagi tugas pokok tanggung jawabnya
27. Mengolah dan menganalisis data hasil penelitian pendidikan baik data kualitatif maupun data kuantitatif
28. Menulis karya tulis ilmiah (KTI) dalam bidang pendidikan dan atau bidang manajemen pendidikan dan memanfaatkan-nya untuk perbaikan mutu pendidikan
29. Menyusun pedoman/panduan dan atau buku/modul yang diperlukan untuk melaksanakan tugas kepala sekolah dan guru di sekolah.
30. Memberikan bimbingan kepada guru tentang penelitian tinda-kan kelas, baik perencanaan maupun pelaksanaannya di sekolah

V Penjaminan Standar Pendidikan 31. Menyusun standar isi pendidikan yang memuat kerangka dasar dan struktur kurikulum, beban belajar, kurikulum tingkat satuan pendidikan dan kalender pendidikan/akademik
32. Memberikan kontribusi dalam menyelenggarakan pembe-lajaran yang interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang dan memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif
33. Memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik
34. Berpartisipasi aktif dalam menentukan standar kompetensi lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan dan keterampilan
35. Berusaha meningkatkan kompetensi pendidik dan tenaga ke-pendidikan yang berkaitan dengan kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional dan sosial
36. Mengupayakan sarana dan prasarana pembelajaran yang memenuhi standar yang telah ditetapkan
37. Memberikan bimbingan dalam mengelola satuan pendidikan yang berbasis kemandirian, kemitraan, partisipasi, keterbu-kaan dan akuntabilitas
38. Menjembatani hubungan sekolah dengan masyarakat dan pemerintah daerah dalam peningkatan kualitas pendidikan
39. Memberikan bimbingan dalam pengelolaan pembiayaan pendidikan baik yang berkaitan dengan biaya investasi, biaya operasi dan biaya personal
40. Berpartisipasi aktif dalam menentukan standar kelulusan peserta didik



B. Instrumen Terbuka
1. Kegiatan apa saja yang dilakukan sehubungan dengan penjaminan mutu pendidikan di sekolah ?
2. Permasalahan apa saja yang terjadi sehubungan dengan proses penjaminan mutu pendidikan di sekolah ?
3. Apa yang menjadi harapan terhadap LPMP dalam melakukan penjaminan mutu pendidikan di sekolah ?




LEMBAR JAWABAN INSTRUMEN TERBUKA

.......................................................................................................................................................
.......................................................................................................................................................
.......................................................................................................................................................
.......................................................................................................................................................
.......................................................................................................................................................
.......................................................................................................................................................
.......................................................................................................................................................
.......................................................................................................................................................
.......................................................................................................................................................
.......................................................................................................................................................
.......................................................................................................................................................
.......................................................................................................................................................
.......................................................................................................................................................
.......................................................................................................................................................
.......................................................................................................................................................
.......................................................................................................................................................
.......................................................................................................................................................
.......................................................................................................................................................
.......................................................................................................................................................
.......................................................................................................................................................
.......................................................................................................................................................
.......................................................................................................................................................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar