Selasa, 16 November 2010

ME dan Verifikasi Kepala SD

INSTRUMEN PENILAIAN
KINERJA KEPALA SEKOLAH DASAR

1. KOMPONEN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI PENDIDIK (EDUCATOR)

NO ASPEK INDIKATOR NILAI
INDIKATOR ASPEK
(1) (2) (3) (4) (5)
1.1 Prestasi sebagai guru 1.1.1 Menyusun program pembelajaran
1.1.2 Melaksanakan KBM
1.1.3 Melaksanakan evaluasi hasil belajar
1.1.4 Melakukan analisis hasil evaluasi belajar
1.1.5 Melaksanakan program perbaikan dan penga-yaan
JUMLAH NILAI
1.2 Kemampuan mem- bimbing guru dalam: 1.2.1 Menyusun program pengajaran
1.2.2 Melaksanakan program pengajaran
1.2.3 Mengevaluasi hasil belajar siswa
1.2.4 Menganalisis hasil belajar siswa
1.2.5 Melaksanakan program remedial dan penga-yaan
JUMLAH NILAI
1.3 Kemampuan mem-bimbing karyawan/ TU/ Penjaga, dsb. dalam: 1.3.1 Menyusun program kerja

1.3.2 Melaksanakan tugas sehari-hari, dsb.
1.3.3 Mengevaluasi dan mengendalikan kinerja karyawan secara periodik
JUMLAH NILAI
1.4 Kemampuan mem-bimbing siswa dalam: 1.4.1 Kegiatan ekstrakurikuler
1.4.2 Mengikuti lomba di luar sekolah
JUMLAH NILAI
1.5 Kemampuan me-ngembangkan staf 1.5.1 Melalui pendidikan/ pelatihan
1.5.2 Melalui pertemuan sejawat, KKG, dsb
1.5.3 Melalui seminar/ diskusi, dsb.
1.5.4 Melalui penyediaan bahan bacaan
1.5.5 Memperhatikan kenaikkan pangkat
1.5.6 Melakukan promosi melalui seleksi calon KS dsb
JUMLAH NILAI
1.6 Kemampuan belajar/ mengikuti perkem-bangan Iptek 1.6.1 Melalui pendidikan/ pelatihan
1.6.2 Melalui pertemuan sejawat, KKKS
1.6.3 Melalui seminar/ lokakarya/ diskusi, dsb
1.6.4 Melalui penyediaan bahan bacaan
1.6.5 Melalui media elektronika
JUMLAH NILAI









NO ASPEK INDIKATOR NILAI
INDIKATOR ASPEK
(1) (2) (3) (4) (5)
1.7 Kemampuan mem-beri contoh mengajar 1.7.1 Melalui jadwal pelajaran 6 jam mengajar per minggu
1.7.2 Melalui perangkat persiapan pembelajaran dan daftar nilai
1.7.3 Memberikan alternatif strategi pembelajaran efektif, pemanfaatan media pembelajaran
JUMLAH NILAI
Nilai Komponen (NK) = Jumlah Nilai Aspek (JNA)
Jumlah Aspek (JA)






























2. KOMPONEN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI PENGELOLA (MANAGER)

NO ASPEK INDIKATOR NILAI
INDIKATOR ASPEK
(1) (2) (3) (4) (5)
2.1 Kemampuan menyu-sun program sekolah 2.1.1 Memiliki program jangka panjang (8 - 10 tahun) berikut visi, misi dan tujuan sekolah
2.1.2 Memiliki program jangka menengah 4-5 tahun (Renstra)
2.1.3 Memiliki program jangka pendek 1 tahun (Program Tahunan)
2.1.4 Mempunyai mekanisme monitor dan evaluasi pelaksanaan program secara sistematis dan berkala
JUMLAH NILAI
2.2 Kemampuan menyu-sun organisasi kete-nagaan di sekolah 2.2.1 Memiliki susunan ketenagaan sekolah (Wali Kelas, Bendahara, dsb.)
2.2.2 Memiliki susunan ketenagaan pendukung, antara lain pembina ekstra
2.2.3 Menyusun kepanitiaan/ pembagian tugas dalam kegiatan temporer, misalnya panitia ujian, ulangan umum, peringatan hari besar keaga-maan/ nasional, kegiatan lainnya
JUMLAH NILAI
2.3 Kemampuan meng-gerakkan staf (guru/ karyawan) 2.3.1 Memberikan arahan yang dinamis
2.3.2 Mengkoordinasikan staf yang sedang melaksa-nakan tugas
2.3.3 Memberikan penghargaan (reward) dan hukuman (punishment)
JUMLAH NILAI
2,4 Kemampuan meng-optimalkan sumber-daya sekolah 2.4.1 Memanfaatkan sumberdaya manusia secara optimal
2.4.2 Memanfaatkan sarana/ prasarana secara optimal
2.4.3 Mempunyai catatan kinerja sumberdaya manusia yang ada di sekolah
2.4.4 Mempunyai program peningkatan mutu sumber daya manusia
JUMLAH NILAI
Nilai Komponen (NK) = Jumlah Nilai Aspek (JNA)
Jumlah Aspek (JA)














3. KOMPONEN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI ADMINISTRATOR

NO ASPEK INDIKATOR NILAI
INDIKATOR ASPEK
(1) (2) (3) (4) (5)
3.1 Kemampuan menge-lola administrasi pe-ngajaran 3.1.1 Memiliki kelengkapan data administrasi Proses Belajar Mengajar (PBM)
3.1.2 Memiliki kelengkapan data administrasi praktikum
3.1.3 Memiliki kelengkapan data administrasi belajar siswa di perpustakaan
JUMLAH NILAI
3.2 Kemampuan menge-lola administrasi ke-siswaan 3.2.1 Memiliki kelengkapan data administrasi kesiswaan
3.2.2 Memiliki kelengkapan data administrasi kegiatan ekstrakurikuler
3.2.3 Memiliki kelengkapan data hubungan sekolah dan orangtua siswa
JUMLAH NILAI
3.3 Kemampuan menge-lola administrasi ketenagaan 3.3.1 Memiliki kelengkapan data administrasi tenaga guru
3.3.2 Memiliki kelengkapan data karyawan (TU, Penjaga, dsb)
JUMLAH NILAI
3.4 Kemampuan menge-lola administrasi keuangan 3.4.1 Memiliki kelengkapan administrasi keuangan rutin
3.4.2 Memiliki kelengkapan administrasi dana sumbangan orangtua/ komite sekolah
3.4.3 Memiliki kelengkapan administrasi dana bantuan lainnya (BOS, blockgrant, dsb)
JUMLAH NILAI
3.5 Kemampuan menge-lola administrasi sarana/ prasarana 3.5.1 Memiliki kelengkapan data administrasi gedung/ ruang
3.5.2 Memiliki kelengkapan data administrasi mebelair dan perlengkapan lainnya
3.5.3 Memiliki kelengkapan data administrasi alat laboratorium, keterampilan, dll
3.5.4 Memiliki kelengkapan data administrasi buku/ pustaka
3.5.5 Memiliki kelengkapan data administrasi mesin kantor, peralatan elektronik, dll
JUMLAH NILAI
3.6 Kemampuan menge-lola administrasi per-suratan 3.6.1 Memiliki kelengkapan data administrasi surat masuk
3.6.2 Memiliki kelengkapan data administrasi surat keluar
3.6.3 Memiliki kelengkapan data administrasi surat keputusan
JUMLAH NILAI
Nilai Komponen (NK) = Jumlah Nilai Aspek (JNA)
Jumlah Aspek (JA)




4. KOMPONEN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI PENYELIA (SUPERVISOR)

NO ASPEK INDIKATOR NILAI
INDIKATOR ASPEK
(1) (2) (3) (4) (5)
4.1 Kemampuan menyusun program supervisi 4.1.1 Memiliki program supervisi kelas (KBM)
4.1.2 Memiliki program supervisi kegiatan ekstra-kurikuler
4.1.3 Memiliki program supervisi kegiatan lainnya (perpustakaan, laboratorium, ujian, adminis-trasi sekolah, dsb.)
JUMLAH NILAI
4.2 Kemampuan melaksanakan program supervisi 4.2.1 Melaksanakan program supervisi kelas (klinis)
4.2.2 Melaksanakan program supervisi dadakan (non klinis)
4.2.3 Melaksanakan program supervisi kegiatan eks-trakurikuler
4.2.4 Melaksanakan program supervisi kegiatan lainnya (perpustakaan, laboratorium, adminis-trasi sekolah, ujian, dsb.)
JUMLAH NILAI
4.3 Kemampuan memanfaatkan hasil supervisi 4.3.1 Memanfaatkan hasil supervisi untuk peningkat-an kinerja guru/ karyawan
4.3.2 Memanfaatkan hasil supervisi untuk pengem-bangan sekolah
JUMLAH NILAI
Nilai Komponen (NK) = Jumlah Nilai Aspek (JNA)
Jumlah Aspek (JA)



























5. KOMPONEN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI PEMIMPIN (LEADER)

NO ASPEK INDIKATOR NILAI
INDIKATOR ASPEK
(1) (2) (3) (4) (5)
5.1 Memiliki kepribadian yang kuat 5.1.1 Berperilaku jujur
5.1.2 Percaya diri
5.1.3 Bertanggungjawab
5.1.4 Berani mengambil resiko/ keputusan
5.1.5 Berjiwa besar
5.1.6 Dapat mengendalikan emosi
5.1.7 Sebagai panutan/ teladan
5.1.8 Mentaati ketentuan jam kerja
5.1.9 Mentaati perintah kedinasan dari atasan dengan sebaik-baiknya
5.1.10 Bersikap sopan santun
5.1.11 Mentaati peraturan perundang-undangan atau peraturan kedinasan yang berlaku
5.1.12 Melayani masyarakat dengan baik sesuai bidang tugasnya
5.1.13 Semangat kerja tinggi
5.1.14 Kreatifitas tinggi
5.1.15 Dapat menyesuaikan pendapatnya dengan orang lain, apabila yakin bahwa orang lain itu benar
5.1.16 Mengetahui secara mendalam bidang tugas orang lain yang berkaitan bidang tugasnya
5.1.17 Menghargai pendapat orang lain
5.1.18 Mampu bekerja bersama-sama orang lain menurut waktu dan bidang tugas yang ditentukan
5.1.19 Selalu berusaha memberikan saran yang dipandangnya baik dan berguna kepada atasan
5.1.20 Berusaha mencari tata cara kerja baru dalam mencapai daya sebesar-besarnya
5.1.21 Selalu berada di tempat tugasnya selama jam kerja
5.1.22 Tidak pernah melemparkan kesalahan yang dibuatnya kepada orang lain
5.1.23 Menyelesaikan tugas dengan baik dan tepat pada waktunya
5.1.24 Mengutamakan kepentingan dinas dari pada kepentingan pribadi atau golongan
5.1.25 Hasil kerjanya dilaporkan kepada atasan, meskipun kurang sesuai dengan keadaan
5.1.26 Kesehatan jasmani
JUMLAH NILAI

NO ASPEK INDIKATOR NILAI
INDIKATOR ASPEK
(1) (2) (3) (4) (5)
5.2 Memamahami kondisi anak buah dengan baik 5.2.1 Memahami kondisi guru
5.2.2 Memahami kondisi karyawan (TU, Penjaga, dsb.)
5.2.3 Memahami kondisi siswa
5.2.4 Mempunyai program/ upaya untuk memperbaiki kesejahteraan guru/ karyawan
5.2.5 Memanfaatkan kegiatan upacara hari Senin dan upacara lainnya untuk memahami kondisi siswa, guru dan karyawan secara keseluruhan
5.2.6 Mau mendengan/ menerima usul/ kritikan/ saran dari guru/ karyawan/ siswa melalui pertemuan
JUMLAH NILAI
5.3 Memiliki visi dan me-mahami misi sekolah 5.3.1 Memiliki visi tentang sekolah yang dipimpinnya
5.3.2 Memahami misi yang diemban sekolah
5.3.3 Mampu melaksanakan program/ target dengan baik
JUMLAH NILAI
5.4 Kemampuan meng-ambil keputusan 5.4.1 Mampu mengambil keputusan bersama warga sekolah
5.4.2 Mampu mengambil keputusan untuk urusan intern sekolah
5.4.3 Mampu mengambil keputusan untuk urusan ekstern sekolah
JUMLAH NILAI
5.5 Model Pengambilan Keputusan
5.5.1 Pengambilan keputusan dilakukan secara partisipatif
5.5.2 Pengambilan keputusan bersifat obyektif sesuai kebutuhan di SD
5.5.3 Pengambilan keputusan relevan dengan kondisi siswa .
JUMLAH
5.6 Keterbukaan dan demokratis 5.6.1 Kepala Sekolah menjalankan kepemimpinan
5.6.2 Kepala Sekolah memiliki akuntabilitas kepada atasan maupun bawahan .
5.6.3 Budaya demokratis terbentuk dilingkungan SD
JUMLAH
5.7 Pola hubungan atasan dan bawahan 5.7.1 Ada keakraban Kepala Sekolah, guru, karya-wan dan siswa .
5.7.2 Kepala Sekolah menerima segala kritik dan saran
5.7.3 Ada kejelasan pendelegasian tugas di antara Kepala Sekolah, guru dan karyawan
5.7.4 Kepala Sekolah memberi kesempatan yang sama kepada semua guru dan karyawan untuk mengembangkan diri .
JUMLAH
JUMLAH NILAI

NO ASPEK INDIKATOR NILAI
INDIKATOR ASPEK
(1) (2) (3) (4) (5)
5.8 Pengembangan masyarakat belajar 5.8.1 Masyarakat memberikan dukungan terhadap penyelenggaraan pembelajaran
5.8.2 Budaya Sekolah dipahami oleh komunitas sekolah
5.8.3 Budaya Sekolah dibentuk untuk pencapaian tujuan sekolah
JUMLAH
5.9 Kemampuan berkomunikasi 5.9.1 Mampu berkomunikasi secara lisan dengan baik kepada guru dan tenaga kependidikan lainnya
5.9.2 Mampu menuangkan gagasan dalam bentuk tulisan
5.9.3 Mampu berkomunikasi secara lisan dengan baik kepada siswa
5.9.4 Mampu berkomunikasi secara lisan dengan baik kepada masyarakat dan orangtua siswa
JUMLAH
Nilai Komponen (NK) = Jumlah Nilai Aspek (JNA)
Jumlah Aspek (JA)

































6. KOMPONEN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI PEMBAHARU (INOVATOR)

NO ASPEK INDIKATOR NILAI
INDIKATOR ASPEK
(1) (2) (3) (4) (5)
6.1 Kemampuan mencari/ menemu-kan gagasan baru untuk pembaharuan sekolah 6.1.1 Mampu mencari/ menemukan gagasan baru (proaktif)
6.1.2 Mampu mengadopsi gagasan baru dari pihak lain yang relevan
6.1.3 Mampu mengimplementasikan gagasan baru dengan baik (sinergis)
JUMLAH NILAI
6.2 Kemampuan mela-kukan pembaharuan di sekolah 6.2.1 Mampu melakukan pembaharuan di bidang KBM/ BK
6.2.2 Mampu melakukan pembaharuan di bidang pengadaan dan pembinaan tenaga guru/ karyawan
6.2.3 Mampu melakukan pembaharuan di bidang kegiatan ekstrakurikuler
6.2.4 Mampu melakukan pembaharuan dalam meng-gali sumberdaya dari Komite Sekolah dan masyarakat
6.2.5 Mampu berprestasi di sekolah melalui kegiatan ekstrakurikuler, Porseni, Lomba Bidang Studi, Sinopsis, dll.
JUMLAH NILAI
Nilai Komponen (NK) = Jumlah Nilai Aspek (JNA)
Jumlah Aspek (JA)




























7. KOMPONEN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI PENGGERAK (MOTIVATOR)

NO ASPEK INDIKATOR NILAI
INDIKATOR ASPEK
(1) (2) (3) (4) (5)
7.1 Kemampuan mengatur lingkungan kerja (fisik) 7.1.1 Mampu mengatur ruang kantor (Kepala Sekolah, Guru, TU) yang kondusif untuk bekerja
7.1.2 Mampu mengatur ruang kelas yang kondusif untuk KBM
7.1.3 Mampu mengatur ruang laboratorium yang kondusif untuk belajar/ praktikum
7.1.4 Mampu mengatur ruang perpustakaan yang kondusif untuk belajar
7.1.5 Mampu mengatur halaman/ lingkungan sekolah yang sejuk, nyaman dan teratur
JUMLAH NILAI
7.2 Kemampuan mengatur suasana kerja (non fisik) 7.2.1 Mampu menciptakan hubungan kerja yang harmonis sesama guru
7.2.2 Mampu menciptakan hubungan kerja yang harmonis sesama karyawan
7.2.3 Mampu menciptakan hubungan kerja yang harmonis antara guru dan karyawan
7.2.4 Mampu menciptakan rasa aman di lingkungan sekolah
JUMLAH NILAI
7.3 Kemampuan mene-rapkan prinsip peng-hargaan (rewards) dan hukuman (punishment) 7.3.1 Mampu menerapkan prinsip penghargaan (reward)
7.3.2 Mampu menerapkan prinsip hukuman (punish-ment)
7.3.3 Mampu menerapkan/ mengembangkan motiva-si internal dan eksternal bagi warga sekolah
JUMLAH NILAI
Nilai Komponen (NK) = Jumlah Nilai Aspek (JNA)
Jumlah Aspek (JA)




















8. KOMPONEN KEWIRAUSAHAAN KEPALA SEKOLAH (ENTERPRANEUR)

NO ASPEK INDIKATOR NILAI
INDIKATOR ASPEK
(1) (2) (3) (4) (5)
8.1 Kemampuan mem-baca peluang. 8.1.1 Peka terhadap adanya perubahan
8.1.2 Suka mengadakan pembaharuan
8.1.3 Tidak cepat merasa puas
8.1.4 Bersikap kritis terhadap isu-isu strategis
JUMLAH NILAI
8.2 Kemampuan mem-bangun jaringan 8.2.1 Suka bekerjasama
8.2.2 Memiliki jaringan pergaulan yang luas
JUMLAH NILAI
8.3 Kemampuan mengambil resiko
8.3.1 Memiliki semangat investasi
8.3.2 Kemampuan mengidentifikasi resiko yang terjadi
JUMLAH NILAI
8.4 Kemampuan mem-promosikan keung-gulan
8.4.1 Mampu mengidentifikasi keunggulan sekolah
8.4.2 Mampu membaca situasi kebutuhan masyarakat
8.4.3 Mampu berkomunikasi dengan berbagai lapisan masyarakat
JUMLAH NILAI
Nilai Komponen (NK) = Jumlah Nilai Aspek (JNA)
Jumlah Aspek (JA)



























REKAPITULASI HASIL PENILAIAN
KINERJA KEPALA SEKOLAH DASAR

NO KOMPONEN ASPEK NILAI
ASPEK KOMPONEN
(1) (2) (3) (4) (5)
1 Kepala Sekolah sebagai Pendidik (Educator) 1.1 Prestasi sebagai guru (mengajar 6 jampel)




NK-1=
1.2 Kemampuan membimbing guru
1.3 Kemampuan membimbing karyawan ( TU/ pen-jaga, dsb)
1.4 Kemampuan membimbing siswa
1.5 Kemampuan mengembangkan staf
1.6 Kemampuan belajar/ mengikuti perkembangan Iptek
1.7 Kemampuan memberi contoh mengajar
JUMLAH NILAI
2 Kepala Sekolah sebagai Pengelola (Manager) 2.1 Kemampuan menyusun program kerja sekolah



NK-2=
2.2 Kemampuan menyusun organisasi ketenagaan di sekolah
2.3 Kemampuan menggerakkan staf (guru/ karya-wan)
2.4 Kemampuan mengoptimalkan sumberdaya sekolah
JUMLAH NILAI
3 Kepala Sekolah se-bagai Administrator 3.1 Kemampuan mengelola administrasi KBM




NK-3=


3.2 Kemampuan mengelola administrasi kesiswaan
3.3 Kemampuan mengelola administrasi ketena-gaan
3.4 Kemampuan mengelola administrasi keuangan
3.5 Kemampuan mengelola administrasi sarana/ prasarana
3.6 Kemampuan mengelola administrasi persuratan
JUMLAH NILAI
4 Kepala Sekolah sebagai Penyelia (Supervisor) 4.1 Kemampuan menyusun program supervisi pendidikan


NK-4=
4.2 Kemampuan melaksanakan program supervisi pendidikan
4.3 Kemampuan memanfaatkan hasil supervisi pendidikan
JUMLAH NILAI
5 Kepala Sekolah sebagai Pemimpin (Leader) 5.1 Memiliki kepribadian yang kuat

NK-5=
5.2 Memahami kondisi guru, karyawan, siswa
5.3 Memiliki visi dan memahami misi sekolah
5.4 Kemampuan mengambil keputusan
5.5 Model Pengambilan Keputusan
5.6 Keterbukaan dan demokratis
5.7 Pola hubungan atasan dan bawahan
5.8 Pengembangan masyarakat belajar
5.9 Kemampuan berkomunikasi
JUMLAH NILAI





NO KOMPONEN ASPEK NILAI
ASPEK KOMPONEN
(1) (2) (3) (4) (5)
6 Kepala Sekolah sebagai Pembaharu (Inovator) 6.1 Kemampuan mencari/ menemukan gagasan baru untuk pembaharuan sekolah
NK-6=
6.2 Kemampuan melakukan pembaharuan di sekolah
JUMLAH NILAI
7 Kepala Sekolah sebagai Penggerak (Motivator) 7.1 Kemampuan mengatur lingkungan kerja (fisik)

NK-7=
7.2 Kemampuan mengatur suasana kerja (non fisik)
7.3 Kemampuan menerapkan prinsip penghargaan (reward) dan hukuman (punishment)
JUMLAH NILAI
8 Kewirausahaan Kepala Sekolah (Enterpraneurship) 8.1 Aspek Kemampuan membaca peluang
NK-8=
8.2 Aspek Kemampuan membangun jaringan
8.3 Aspek Keberanian mengambil resiko
8.4 Aspek Kemampuan mempromosikan keunggulan
JUMLAH NILAI
JUMLAH NILAI KOMPONEN 1 s.d. 8


Jumlah ( NK x Bobot )
Nilai Kinerja Kepala Sekolah (NKKS) =
12

atau : (NK-1x2) + (NK-2x2) + (NK-3x1) + (NK-4x1) + (NK-5x2) + (NK-6x1) + (NK-7x1) + (NK-8x2)
NKKS =
12

( x2) + ( x2) + ( x1) + ( x1) + ( x2) + ( x1) + ( x1) + ( x2)
NKKS =
12



NKKS = .......................... dengan Kualifikasi = ........................................


Keterangan :
1. Pemberian bobot tiap komponen disesuaikan dengan tabel Pedoman Penilaian (lihat halaman 3)
2. Kualifikasi Nilai Kinerja Kepala Sekolah (lihat tabel pada Pedoman Penilaian pada hlm 3)
3. Jika terdapat Aspek dan Indikator yang tidak dinilai, maka aspek dan indikator tersebut tidak ikut diperhitungkan, baik dalam penjumlahan nilai aspek/ indikator sebagai JNA dan JNI maupun angka pembagi sebagai JA dan JI


____________

Tidak ada komentar:

Posting Komentar